Peluang Usaha Dropship yang Menggila

Sekarang ini, internet seakan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Baik di kota besar maupun di daerah, internet menjadi hal yang lazim untuk digunakan. Karena manfaatnya dalam menyediakan berbagai informasi yang diperlukan bagi kepentingan masyarakat, internet menjadi sarana yang utama seseorang dalam mencari kebutuhan teknologi dan informasi.

Selain sebagai tempat penyedia berbagai informasi, internet juga memiliki manfaat lain yang sekarang sudah menjadi kebudayaan baru di dalam masyarakat. Yaitu sebagai “Pasar” atau tempat jual beli antara produsen dan konsumen suatu barang. Hal tersebut sering disebut sebagai Jual Beli Online. Dimana konsemen menjual barangnya melalui katalog yang diposting di toko online, sehingga konsumen dapat melihat dan membeli produk tanpa harus bertemu secara langsung dengan penjual atau dengan repot pergi ke toko yang dimaksud untuk membeli barang tertentu.


Dalam Jual Beli Online, terdapat istilah Dropship. Sistem dropship yaitu sistem jual beli dimana kita mempromosikan suatu barang milik supplier tertentu sehingga ketika ada pembeli yag membeli di toko online kita, kita bisa memesan langsung kepada supplier agar barang dikirim secara langsung ke alamat konsumen atas nama toko kita.

JUALAN ONLINE DROPSHIP MARKETPLACE


Apa itu Sistem Dropship Marketplace? Yaitu jual beli secara online dipusat perbelanjaan terbesar di indonesia seperti tokopedia.com, bukalapak.com, shopee, dan masih banyak lagi. Sebagai dropshipper pada dasarnya tidak memerlukan modal untuk memulainya, tapi berbeda sebagai dropshipper dimarketplace seorang dropshipper tetap menggunakan modal sebagai talangan sementara untuk memproses atau untuk membelanjakan buyer. Karena pada marketplace transaksi mereka menggunakan sistem Rekening Bersama, yaitu sistem pembayaran aman.

Contoh jika ada pembelian suatu barang maka uang pembeli tidak langsung diterima oleh penjual sebelum barang sampai tujuan. Dan sebaliknya pembeli tidak bisa melakukan pembatalan order jika sudah diproses oleh penjual, akan tetapi pembeli dapat melakukan komplain jika barang tidak sesuai dengan pesanannya dan akan diselesaikan dengan TOS yang ditetapkan. Sebagai penengah pihak marketplace akan berlaku adil dengan adanya sejarah sebelumnya untuk menyelesaikan masalah oleh kedua belah pihak bilamana diperlukan.

Keuntungan jadi Dropshipper Marketplace

  1. Minim modal untuk memulai usaha karena tidak memerlukan pengadaan tempat usaha konvensional maupun untuk stok barang. jadi Modal akan lebih fokus untuk Deposit saja.
  2. Prospek yang sangat menguntungkan karena jangkauan pengunjung pasar seluruh indonesia bahkan dunia.
  3. Toko buka 24 jam non-stop meskipun toko sedang tutup. Tentunya sebagai pemilik toko manfaat yang kita rasakan adalah calon pembeli tetap bisa memilih sepuasnya tanpa harus menunggu toko buka kembali.
  4. Resiko kecil karena tidak stok barang.
  5. Gratis membuka toko online tanpa harus menyewa hosting dan domain. Apalagi menyewa ruko / mall.

Kerugian jadi dropshipper

  1. Tidak tahu pasti stock yang ready apa saja.
  2. Tidak punya kendali penuh terhadap stock. Kita tidak tahu apakah produk jenis tersebut seperti apa, kondisi sebenarnya seperti apa, apakah cacat atau tidak.
  3. Apabila supplier melakukan kesalahan, reputasi dropshipperlah yang akan kena dampaknya.
Demikian artikel Peluang Usaha Dropship yang Menggila meskipun sedikit informasi yang dapat saya jelaskan semoga bisa membantu anda terutama yang masih baru belajar khususnya tentang dropship. Jika anda tertarik untuk memulai usaha dropship silahkan lanjutkan baca Download Sedotpedia Tool untuk Jualan Online Sistem Dropship Otomatis anda akan belajar lebih dalam mengenai dropship dan cara memulainnya. Jangan lupa share jika bermanfaat.